Hubungan Antara Game Dan Kecerdasan Buatan

Hubungan Antara Game Dan Kecerdasan Buatan – Popularitas game ini mencakup berbagai bidang konten yang dapat membangkitkan minat pengguna, seperti cerita yang solid, grafik yang penuh warna, dan gameplay yang berbeda. Dan dapat dikatakan bahwa meningkatkan kelengkapan bidang konten ini adalah berbagai fungsi ‘cerdas’ yang akhirnya dimasukkan ke dalam game. Dengan kata lain, banyak komponen seperti unit, monster atau NPC (Non-Player Character), pengembangan cerita, dan perubahan strategi dalam permainan beroperasi ‘cerdas’, meningkatkan kelengkapan dan minat permainan. Di dalam game, terdapat berbagai jenis karakter seperti penjaga, pedagang, dan penonton di desa yang tidak dapat dimanipulasi secara langsung oleh manusia.

Fungsi cerdas dari sebuah game telah diperlihatkan dalam berbagai bentuk, mulai dari fungsi mengubah taktik sesuai reaksi pengguna, hingga bentuk mengubah progres dan ending game sesuai pilihan pengguna. Baru-baru ini, kecerdasan buatan (AI) dalam game berkembang menjadi bentuk yang mempelajari pola pengguna dan mencerminkan dalam kemajuan game di masa depan.

Ketika teknologi kecerdasan buatan menjadi lebih canggih, dimungkinkan untuk membuat game lebih cerdas, yang memberi pengguna umpan balik yang realistis dan memaksimalkan imersi dalam game. Kecerdasan buatan kini telah menjadi perhatian terbesar dari banyak perusahaan game, dan digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kelengkapan game.

Hubungan Antara Game Dan Kecerdasan Buatan

Tidak ada target yang lebih baik untuk mengembangkan dan menerapkan kecerdasan buatan selain game. Pertama, karena game adalah program terbaik dan dunia virtual, maka sangat mudah untuk menerapkan kecerdasan buatan. Dimungkinkan untuk menguji fungsi kecerdasan dari kecerdasan buatan yang baru dikembangkan dengan biaya peluang yang lebih rendah daripada menerapkan kecerdasan buatan ke dunia nyata.

Kecerdasan buatan membutuhkan banyak data untuk dipelajari untuk meningkatkan kinerjanya, dan karena data yang dihasilkan sendiri dalam game dapat digunakan tanpa adanya batasan terpisah, biaya produksi data mendekati nol. Game ini dilengkapi dengan lingkungan di mana kecerdasan buatan dapat dipelajari berdasarkan data yang dihasilkan oleh dirinya sendiri dalam game

Kedua, karena game adalah ruang virtual, risiko penerapan kecerdasan buatan rendah. Ini juga terkait dengan alasan pertama yang dibahas di atas. Karena game ini adalah ruang virtual, risiko kegagalan fungsi lebih kecil daripada di kenyataan dalam menerapkan dan bereksperimen dengan kecerdasan buatan yang baru dikembangkan.

Ini penting karena tugas yang paling penting dan sulit di bidang R&D kecerdasan buatan adalah masalah ‘keandalan kecerdasan buatan’. Ini adalah pertanyaan apakah kecerdasan buatan harus beroperasi dengan aman di dunia nyata, dan pada saat yang sama, hasil kecerdasan buatan harus dapat diandalkan. Jika kecerdasan buatan diterapkan pada dunia nyata, sulit untuk memprediksi hasil seperti apa yang akan ditimbulkannya atau berapa banyak kerusakan yang akan ditimbulkannya.

Pada kasus ini, banyak orang yang berharap bahwa akan membutuhkan banyak usaha dan waktu lama untuk kecerdasan buatan diimplementasikan dalam bentuk yang nyata dan lengkap. Untuk alasan ini, untuk mencegah kerugian material dan manusia yang mungkin terjadi karena sistem atau malfungsi yang berbahaya, kegiatan dan studi untuk menetapkan etika dan hukum AI sedang dilakukan secara aktif, terutama di negara-negara terkemuka.

Alasan ketiga adalah bahwa game dan kecerdasan buatan adalah program perangkat lunak dan merupakan bidang bernilai tinggi. Game dengan kecerdasan buatan memberikan lebih banyak kesenangan bagi pengguna. Hal ini menyebabkan peningkatan penjualan produsen konten game. Konten game dengan kecerdasan buatan yang canggih pasti menguntungkan dalam hal kualitas game dan dapat menyebabkan popularitas akses game yang tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa efek menghasilkan keuntungan terhadap biaya dan risiko yang akan diambil dalam pemanfaatan kecerdasan buatan jauh lebih besar daripada industri lain.